7 Perbedaan Notebook dan Laptop

Apa yang menjadi perbedaan notebook dan laptop? Terkadang orang masih kesulitan membedakannya. Berikut inilah perbedaan antara keduanya.

Perkembangan komputasi dan teknologi modern memperkenalkan konsumen pada sejumlah produk baru yang semakin bervariatif.

Laptop dan notebook adalah dua di antara beberapa hasil inovasi teknologi yang tentu akan semakin menguntungkan konsumen.

Secara bentuk penampilan fisik, laptop dan notebook memiliki bentuk serta penampilan sama. Hal utama yang bisa membedakan adalah ukurannya. Namun jika dibedah lebih lanjut, laptop dan notebook bisa sangat berbeda.

Pada dasarnya, perbedaan antara laptop dan notebook adalah ukuran dan fungsinya, tetapi ada lebih banyak lagi hal lain yang bisa menjadi pembeda pada 2 PC portabel ini. Apa saja perbedaan notebook dan laptop?

Apa Perbedaan Notebook dan Laptop?

Notebook

Perbedaan Notebook dan Laptop
Notebook (kredit gambar: id.aliexpress.com)

Notebook merupakan komputer modern yang memiliki ukuran “notebook” sehingga dapat dibawa dengan mudah. Notebook biasanya memiliki fungsionalitas hardware (perangkat keras) yang lebih rendah daripada laptop.

Notebook tidak dapat digunakan sebagai alternatif untuk komputer desktop (karena spesifikasi hardware yang rendah). Karena hardware yang disematkan pada notebook rendah, kekuatan pemrosesan notebook ada di bawah laptop dan kekurangan lainnya adalah tidak adanya drive DVD dan periferal.

Notebook pertama yang lahir di dunia adalah NEC UltraLife yang muncul pada tahun 1989. Ukurannya kecil dan lebih ringan daripada laptop.

Mudah dibawa dan dilengkapi dengan casing clamshell, notebook mendapatkan namanya dari kata “notebook” yang bisa diartikan adalah buku catatan (diberi nama demikian karena mengusung konsep sebagai perangkat yang mudah dibawa).

Laptop

Perbedaan Notebook dan Laptop
Ilustrasi Laptop

Laptop merupakan komputer modern dan merupakan alternatif dari komputer desktop. Laptop bersifat portable dan memiliki kekuatan yang sama dengan komputer desktop.

Laptop biasanya memiliki berat antara 2 hingga 5 kg, dan ukuran serta ketebalan layar bervariasi tergantung pada modelnya. Tidak seperti notebook, laptop memiliki DVD-drive dan pilihan periferal lainnya.

Laptop pertama yang pernah ada dibuat pada tahun 1981 oleh Adam Osborne. Namun jangan dibayangkan jika ukuran dan beratnya seperti laptop yang ada saat ini. Layarnya panjangnya lima inci dan keyboard terpasang tepat di tutupnya. Dan beratnya sekitar 25 kilogram.

Berikut ini perbedaan notebook dan laptop dalam tabel yang lebih singkat:

LaptopNotebook
Memiliki kipas pendingin suhuTidak dilengkap kipas pendingin
Lebih besar dan lebih beratLebih kecil dan lebih ringan
Memiliki kekuatan pemrosesan yang lebih tinggiDaya pemrosesan yang lebih rendah
Memiliki CD/DVD driveTidak dilengkapi CD/DVD drive
Spesifikasi hardware tinggi Spesifikasi hardware rendah
Harga lebih mahal, semakin tinggi spesifikasi, harga makin melambungHarga lebih murah karena spesifikasi hardware yang rendah
Periferal yang lebih lengkap (port USB, HDMI, ethernet)Periferal kurang lengkap

Hal Penting untuk Diketahui

Performa, daya, dan harga laptop atau notebook ditentukan oleh:

  • Prosesor (CPU): perangkat yang lebih mahal memiliki kecepatan prosesor yang lebih tinggi, yang artinya adalah kinerja yang lebih gesit
  • Grafik (GPU): jika Anda berencana untuk menjalankan aplikasi game grafis tinggi atau aplikasi desain berat, prosesor grafis kelas atas sangat penting
  • Jumlah RAM: jika Anda ingin bermain game dan sering menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, pilih perangkat dengan RAM yang mumpuni
  • Jenis disk drive: Solid State Drive (SSD) dapat memberikan peningkatan kinerja yang sangat signifikan dibandingkan Hard Disk Drive mekanis (HDD). SSD harganya jauh di atas HDD.

Selain hardware seperti yang sudah disebutkan di atas, hal lain yang harus Anda perhatikan ketika memilih antara laptop atau notebook adalah:

  • Port USB: sebagian besar (tidak semua) notebook dilengkapi dengan dua port USB. Laptop biasanya memiliki lebih dari dua port USB
  • Port HDMI: jika Anda ingin menyambungkan perangkat ke TV atau layar HDMI yang lebih besar (untuk presentasi bisnis atau menonton video di layar besar), Anda memerlukan port HDMI
  • CD/DVD drive: rata-rata notebook tidak dilengkapi dengan CD/DVD drive, jika Anda membutuhkan CD/DVD drive, maka laptop bisa menjadi pilihan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, perbedaan notebook dan laptop yang utama adalah ukuran dan spesifikasi hardware yang disematkan.

Pada akhirnya budget dan kebutuhan yang Anda miliki bisa menentukan perangkat mana yang cocok untuk memenuhi aktitas sehari-hari. Jika Anda membutuhkan perangkat dengan kinerja tinggi, laptop adalah pilihannya.

Jika Anda hanya membutuhkan perangkat untuk mengerjakan hal-hal ringan seperti mengetik dan kegiatan administrasi ringan, notebook adalah pilihannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar